Tips Sharing Data Iphone 4S di Tahun 2023 Tanpa Aplikasi Tambahan

Tresia Hoban
5 min readOct 26, 2023

Ditulis Oleh : Tresia Hoban

Ilustrasi Iphone 4S (SelularID)

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, saya sedang senang-senangnya menggunakan Iphone 4S untuk merekam dan memotret untuk hobi saya sendiri. Iphone ini adalah seri Iphone pertama yang saya punya. Dulu saya punya yang warna hitam, kali ini karena random pick saya dapat yang warna putih.

Yang warna hitam tuh timeless dan mewah banget. Saya lupa iphone lama saya itu ketinggalan di kantor lama Andaf Corp atau saya bawa pulang. Kondisinya baterai sudah bocor, ditambah tombol-tombol sudah tidak berfungsi. Penyakit Iphone pada umum nya. Tapi percayalah minimal sekali seumur hidup kalian harus banget nyobain kamera Iphone 4S.

Iphone 4S kedua saya

Iphone ini saya beli dengan harga 285 ribu di Shopee, warnanya putih, karena saat itu memang Apple hanya mengeluarkan 2 seri warna, belum berwarna-warni seperti sekarang. Kondisi device masih cukup baik untuk handphone second yang dirilis 12 tahun lalu. Wah nggak kerasa yah sudah 12 tahun aja. Kayanya baru beberapa saat lalu ke Ibox PVJ buat liat dan nyobain kameranya, sambil dalam hati bilang. “ Tuhan suatu saat saya harus punya ini.” dan dikabulkan 5 tahun kemudian.

Kondisi Iphone 4S yang saya beli di Shopee, dicek menggunakan Wondershare Dr.Fone

Semuanya masih cukup oke, hanya baterai yang sepertinya sudah diganti. Selain itu semuanya masih sparepart bawaan, dan dapat kabel Lighting juga. Jadi sudah siap pakai, kondisi semua tombol pun masih berfungsi. Hanya sim card tidak bisa digunakan. Lagipula bagi saya itu nggak penting juga. Iphone 11 saya pun tidak saya pakaikan sim card. Ribet kebanyakan simcard.

Spesifikasi Iphone 4S

Oke sebelumnya mari kita bahas dulu spesifikasi Iphone 4S. Barangkali ada yang sedang searching dan tertarik untuk membelinya di tahun-tahun sekarang.

Spesifikasi Iphone 4S GSMarena

Untuk spesifikasi processor dan RAM ini jelas sudah ketinggalan jauh. Ibarat kata, RAM 512 MB buat apaan. Tapi percayalah saudaraku, tahun 2016–2018 awal ini masih enak dan mulus banget dipakenya. Cuma sekarang emang nggak mungkin pakai device dengan spek seminim ini.

Untuk itu saya cukup kesulitan untuk sharing data. Ditahun 2023 juga sudah tidak bisa install aplikasi social media ya di Iphone 4S. Hampir 90% aplikasi di App Store sudah tidak support.

Cara Memindahkan Foto dan Video di Iphone 4S ke Device Lain.

Ada 2 cara yang saya lakukan untuk memindahkan foto dan video yang saya ambil dengan handphone ini. Yaitu menggunakan Windows Photos. Sebuah aplikasi bawaan windows yang langsung mendeteksi device file begitu handphone terkoneksi dengan komputer. Atau menggunakan Icloud Photo Sharing.

Memindahkan File Foto dan Video dari Iphone 4S dengan Windows Photos

Windows photos biasanya adalah gallery deflaut untuk pengguna windows. Tidak perlu menginstall lagi, namun cara ini jarang saya gunakan. Karena menurut saya lebih ribet. Harus memindahkan lagi ke handphone saya yang lain. Jadi saya memilih menggunakan Icloud Photo Sharing.

Saya tinggal sharing dengan akun icloud saya yang lain dan begitu file terupload saya bisa mendownload langsung di ponsel saya yang lain, kemudian mengupload atau mengeditnya terlebih dahulu. Kekurangannya, cara ini memakan data cukup besar. Terutama jika melakukan share dalam bentuk file video.

Langkah-langkah Sharing Video dan Foto dari Iphone 4S dengan Icloud Photo Sharing.

Nah berikut ini saya akan jelaskan tentang cara melakukan sharing video dan foto menggunakan iCloud Photo Sharing. Keunggulan dari metode ini adalah, anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga. Namun perlu diingat, kapasitas iCloud per akun adalah 5GB. Jadi untuk mensiasati kapasitas penuh, anda perlu stok akun iCloud baru atau melakukan penghapusan sharing album secara teratur.

  1. Pilih foto atau video yang akan di sharing. Anda bisa memilih lebih dari 1 foto dan video untuk di sharing.

2. Pilih menu share dan pilih menu iCloud Photo Sharing

3. Buat dan namai album yang akan anda share. Anda juga bisa melakukan share di album yang pernah anda buat . Jika sebelumnya anda pernah membuat album di Icloud Photo Sharing.

4. Masukkan email akun yang ingin anda bagikan foto. Anda bisa memasukan icloud lain anda atau icloud teman anda.

5. Selanjutnya anda tinggal melakukan klik pada menu post. Pastikan anda mengecek icloud mail anda untuk menerima ajakan berbagi. Setelah di subcribe, anda akan menerima file foto dan video di album sharing anda. Lakukan download file yang anda butuhkan untuk menyimpan file.

Demikian langkah-langkah yang bisa anda gunakan untuk melakukan share foto dan video. Ini juga bisa anda terapkan di seri iphone lain selain seri 4S. Metode ini mungkin cukup rumit. Namun menjaga device tua ini tetap stabil.

Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan ini. Semoga semua makhluk hidup termasuk anda selalu berbahagia.

--

--